Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Jika anda sering jatuh sakit karena mengalami masalah dengan daya tahan tubuh, maka berikut ini adalah cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa anda gunakan sebagai panduan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh sangat penting.

Bagi anda yang sibuk bekerja tentunya sakit akan menghambat produktivitas anda bukan? Berikut adalah informasi mengenai penyebab serta cara menjaga kesehatan tubuh melalui makanan serta tips tips yang menarik. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Penyebab dan cara menjaga daya tahan tubuh
Sebelum kita masuk pada cara menjaga daya tahan tubuh, ada baiknya kita mengenal penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Ada beberapa hal yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh seseorang, kebiasaaan seperti begadang adalah salah satunya.

Tidur merupakan salah satu kegiatan penting harian seseorang. Dengan tidur badan serta pikiran kita diistirahatkan agar ketika kita bangun nanti, kita bisa lebih fit untuk melakukan aktifitas harian. Ketika tidur tubuh kita melepas semua racun dalam tubuh.

Hati adalah organ yang bekerja untuk itu melepas racun pada saat kita tidur. Jika begadang terus dilakukan, maka ada kemungkinan organ hati bisa rusak. Tidak hanya itu, efek samping dari begadang sendiri dapat menyerang kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru serta organ-organ tubuh lainya.

Gejala yang sering ditimbulkan dari begadang ini adalah lesu, kantong mata berubah kehitaman serta mata memerah. Tidak hanya itu, beberapa dampak yang diakibatkan dari begadang adalah stres dan depresi, mudah marah dan perasaan gelisah. Untuk janga panjang sendiri begadang dapat mengakibatkan hipertensi, penyakit jantung, struk, diabetes, obesitas dan bahkan penurunan fungsi otak yang berhujung pada alzheimer.

Sangat berbahaya bukan? Namun, jika anda memang dituntut untuk bekerja bahkan samapi larut malam, anda bisa menggunakan cara menjaga daya tahan tubuh di bawah ini, mari kita simak bersama sama:

  • Mengkonsumsi vitamin C. Pada saat daya tahan tubuh menurun, penyakit akan mudah menyerang, oleh karena itu dengan mengkonsumsi vitamin c, daya tahan tubuh akan ditingkatkaan sehingga kita tidak mudah sakit.
  • Usahakan tidur sebanyak 8 jam sehari. Karena dengan tidur, kita mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. Kemudian, jangan mengkonsumsi minuman berenergi terlalu sering dan banyak.
  • Air Putih. Terkadang ketika seseorang capek, salah satu opsi adalah dengan mengkonsumsi minuman berenergi, padahal faktanya minuman berenergi hanya akan memperberat kerja ginjal. Sebagai gantinya anda sangat disarankan untuk meminum banyak air putih atau jus buah sebagai salah satu cara menjaga daya tahan tubuh. Air putih akan membantu kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh disamping jus buah yang meliki anyak serat serta vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Buah-buahan juga bermanfaat untuk membentuk sel-sel baru.
  • Lakukan olahraga secara rutin dapat membantu tubuh untuk lebih bugar sehingga dapat kebal terhadap penyakit. Beberapa ramuan herbal juga baik dikonsumsi sehabis berolahraga. Tanaman herbal seperti madu dan jahe. Madu sendiri mengandung antibiotik yang mampu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, madu ini juga bermanfaat untuk mengobati alergi asma dan serta baik untuk menjaga kesehatan kulit. Cukup lakukan olahraga selama 15 menit sehari. Hindari stress juga dapat menambah daya tahan tubuh Anda sehingga kesehatan tubuh jauh lebih terawat.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa anda gunakan sebagai panduan untuk mempertahankan daya tahan tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *