Cara Mengobati Penyakit Radang Paru atau PneumoniaBanyak Tindakan dan cara maupun hal Dapat dilakukan untuk sembuh dan cara menghindari penyakit pneumonia. Pneumonia atau yang biasa dikenal dengan paru-paru basah merupakan sebuah penyakit infeksi / peradangan parenkim paru yang terjadi diakibatkan oleh infeksi akut, yang biasanya disebabkan oleh bakteri yang memicu adanya konsolidasi sebagian dari salah satu / kedua paru.

Sementara bronkopneumonia peradangan pada paru yang dimana proses peradangannya itu mengedar membentuk bercak-bercak infiltrat yang berlokasi di alveoli paru & bisa juga mengaitkan bronkiolus terminal. Pneumonia biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk proses penyembuhannya.

Proses penyembuhan radang ini mengharuskan pengidapnya untuk selalu waspada terhadap kondisi kesehatannya, setidaknya sampai melewati 1 minggu tanpa rasa sakit dibagian dada, batuk, atau infeksi sekunder lainnya.

Supaya dapat mempercepat proses penyembuhannya, kami menganjurkan pengidap pneumonia untuk melakukan beberapa hal di bawah ini, antara lain :

  • Berkonsultasi selalu pada dokter, jika Anda sudah merasa sembuh dari penyakit pneumonia kemungkinan Anda tergoda untuk segera melakukan aktifitas seperti biasanya. Namun, ada baikya jika Anda tetap melakukan pemeriksaan secara rutin sampai seluruh gejalanya hilang total agar tidak memicu resiko terserang infeksi sekunder yang tinggi, bagi pengidap penyakit pneumonia alangkah lebih baiknya lagi jika Anda menjalani rontgen dada sekali lagi.
  • Istirahat yang cukup, dikarenakan sistem kekebalan tubuh Anda sudah bertarung lumayan lama dengan serangan infeksi ini, tentunya tubuh Anda memerlukan istirahat yang cukup dalam proses penyembuhan. Jangan memaksakan untuk bangun dari tempat tidur meskipun Anda telah merasa membaik. Antibiotik yang dikonsumsi oleh Anda pun membuat Anda merasa mengantuk. Dan pastikan kalau Anda juga berisititahat disiang hari sebagai tambahan untuk tidur minimum 8 jam di malam hari.
  • Berada di ruangan yang lembab, dari banyaknya orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari udara lembab. Namun, ternyata udara lembab itu baik bagi mereka yang saat ini sedang melakukan proses penyembuhan dari penyakit pneumonia. Anda dapat memakai humidifier pengatur kelembaban udara, jika memungkinkan dan diperlukan mandilah dengan menggunakan air hangat. Udara yang lembab karena suhu air mandi Anda akan dapat membantu Anda menyejukkan paru-paru sekaligus untuk mengurangi batuk yang Anda alami.
  • Upayakan untuk selalu menghirup udara bersih, karna salah satu masalah dalam penyakit paru paru basah (pneumonia) ialah paru paru yang teriritasi. Menghirup udara yang berpolusi hanya membuat kondisi Anda semakin parah, atau bahkan bisa membuat frekuensi & intensitas batuk Anda meningkat. Maka dari itu, hidarilah berada di daerah berpolusi, dan juga ruangan merokok. Jika kemungkinan, pasanglah penyaring udara dirumah Anda. Jika kemungkinan Anda mesti berada di udara terbuka, pakailah masker. Masker ini bisa membantu melindungi paru paru Anda.
  • Hindari kontak langsung pada orang lain yang sedang sakit, yang paling utama jika mereka terserang infeksi saluran pernafasan, meskipun itu hanya sekedar pilek ringan. Kontak dengan orang sakit hanya akan menambah durasi penyembuhan yang Anda perlukan, atau bahkan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi.
  • Penggunaan obat batuk, obat batuk yang berupa dalam jenis suppresant bersifat menekan batuk dan hanya akan membuat Anda sakit lebih lama dikarenakan batuk Anda akan ditahan. Sedangkan, para pengidap paru-paru basah (pneumonia) harus mengeluarkan dahak yang akan mengangkut kuman-kuman dari paru parunya.
  • Dengan mematuhi aturan minum obat-obatan Anda. Cobalah untuk selalu disiplin dalam mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan kepada anda. persentase kesembuhan akan sangat tergantung dengan disiplin atau tidaknya anda dalam mengasup obat obatan untuk pengobatan penyakit anda.

Cukup banyak penderita penyakit radang paru paru atau pneumonia ini di negara indonesia dan akan semakin bertambah tiap tahunnya. Bahkan jika tidak kita cegah atau hindari bukan tidak mungkin orang terdekat kita seperti orang tua, adik ,teman atau bahkan orang tua kita akan ikut menjadi korbannya.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang bisa Anda lakukan, supaya bagi penderita peyakit ini bisa segera sembuh dari penyakit pneumonia yang diderita. TIdak lupa juga yang terakhir adalah semoga artikel ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua  dimasa kini dan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *