Sudah banyak orang yang mengenal khasiat teh. Salah satu manfaat teh yang fenomenal yaitu untuk menurunkan berat badan. Tidak heran jika banyak orang yang memasukkan teh dalam dietnya. Teh merupakan minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan di Indonesia. Di balik kesederhanaan secangkir teh, ternyata  menyimpan banyak manfaat yang membuat kita semakin mencintai teh. Beberapa kandungan yang ada dalam teh misalnya kafein, polifenol yakni sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C, dan essential oil yang berperan dalam pembentukan aroma pada teh.

Manfaat Teh untuk Manusia

Seperti yang sempat disinggung di awal, salah satu khasiat teh adalah menurunkan berat badan. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan, tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan senyawa teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak di berikan senyawa tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa teh, terutama teh hijau, bisa menganggu pembentukan lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan. Meskipun begitu perlu diketahui bahwa teh instan sebaiknya dihindari karena mengandung gula. Lebih baik merebus teh sendiri. Kandungan essential oil dalam teh juga dapat melarutkan lemak sekaligus melancarkan pencernaan.

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh selama 10 tahun memiliki tulang yang lebih kuat, dibandingkan dengan orang yang tidak. Hal ini berkaitan dengan kandungan phytochemical merupakan zat yang dapat membantu melindungi tulang ini. Dengan begitu bertambah lagi khasiat teh yaitu menjaga kesehatan tulang. Kandungan polifenol yang ada pada teh juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta tekanan gula darah. Maka dari itu teh dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung.

Teh tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tetapi juga dapat digunakan untuk kecantikan. Misalnya saja teh hijau yang diendapkan, dapat berguna untuk membuat rambut lebih bercahaya dan sehat. Pathenol dalam teh hijau membantu mengurangi rambut rusak dan bercabang. Kemudian teh juga menjadi sumber antioksidan yang baik dalam merawat wajah dan mata. Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah. Mengompres bagian bawah mata dengan teh, dapat mengurangi kantung. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata. Kandungan antioksidan dalam teh juga dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, sangat diperlukan untuk mencegah pemicu munculnya kerutan. Hindarilah radikal bebas dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Demikianlah beberapa khasiat teh.

Sumber : www.dailymail.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *