Waspada Kanker Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kemoterapi dipercaya orang merupakan metode pengobatan yang ampuh untuk membasmi sel kanker, menjadikan kemoterapi sebagai salah satu pengobatan yang banyak di lakukan untuk menyembuhkan kanker kelenjar getah bening dengan cara melenyapkannya sel kankernya. Biasanya dibarengi dengan terapi radiasi yang berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masih hidup di dalam tubuh.

Tentu saja seseorang yang menjalani kemoterapi dapat mengalami komplikasi. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh anda di masuki oleh racun yang cukup kebal dan kuat dengan fungsi utamanya adalah membunuh sel kanker yang membahayakan tubuh anda, namun racun tersebut selain membunuh sel kanker, juga berpengaruh pada sel normal lainnya. Artinya bagian tubuh anda yang normal juga dapat ikut rusak, seperti hati, ginjal, paru paru, jantung, dan sebagainya.

Jika racun yang dimasukkan ke dalam tubuh terlalu kuat atau berlebihan, akan mengganggu sistem daya tahan tubuh anda. Kebanyakan mereka yang menjalani kemoterapi juga mengalami infeksi sebagai bentuk efek samping. Paling penting adalah melakukan kemoterapi dengan mengambil efek samping seminimal mungkin.
Efek samping kemoterapi kanker kelenjar getah bening antara lain:

  1. Kerontokan rambut, Efek samping yang paling mudah terlihat hal ini terjadi karena sel folikel rambut sangat mudah membelah dengan cepat, seperti halnya sel kanker yang diradiasi oleh kemoterapi, karena tidak bisa membedakan mana yang sel kanker dan sel sehat, kemoterapi membunuh ke duanya.
  2. Kulit kering & sensitif, efek samping lain adalah kulit anda menjadi lebih kering dan terasa gatal bahkan sampai bersisik dan mengelupas. Kulit juga menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari.
  3. Alergi, salah satu bentuk respon tubuh sebagai efek kemoterapi adalah muncul gejala alergi serta tubuh menjadi lebih hipersensitif. Hal ini di tandai dengan susah bernapas, pembengkakan pada bibir, lidah, dan kelopak mata.
  4. Hilang nafsu makan & rasa mual ingin muntah, kemoterapi juga mampu menurunkan nafsu makan, keadaan ini akan sangat dekat dengan kondisi tubuh dehidrasi dan konstipasi. Anda juga akan mengalami mual dan muntah muntah, sebab obat dari kemoterapi memang memicu untuk muntah membuang racun dari dalam tubuh.
  5. Anemia, melakukan kemoterapi juga mampu menurunkan produksi eritrosit atau sel darah merah. Untuk menghindarinya dengan cukup istirahat dan konsumsi suplemen yang mampu membantu menambah produksi darah di dalam tubuh.
  6. Diare, di ebabkan karena pasien kekurangan gizi, stress dan diliputi kecemasan, juga merasa sakit perut seperti kram dan kembung.
  7. Iritasi jaringan mulut, adanya iritasi jaringan mulut seperi sariawan dan tenggorokan kering. Bisa diatasi dengan menggunakan betadine obat kumur atau berkumur dengan air garam.

Baca juga tentang obat herbal penyakit kelenjar getah bening.

Nah setelah membaca artikel ini tentu anda akan berpikir dua kali apabila ingin melakukan kemoterapi bukan? Karena efek samping yang ditimbulkan cukup merugikan kesehatan tubuh kita maka sebisa mungkin lakukan tindakan pencegahan, ingat pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *